Sudahkah Kamu Membedah Value Productmu?

 Bedah Value Product

Pernah ga sih saat kita berjualan, tetapi saat kita memikirkan ulang kita bingung dimana ya nilai jualnya?

Nah beberapa pertanyaan ini dapat kamu gunakan untuk membedah value productmu.

Untuk contoh di bawah ini kita pake salah satu contohnya bisnis yang berjualan daun kelor ya.


1. Siapa Target Market Spesifiknya

Ingat ya ini harus market spesifik. Jangan secara general, karena akan memudahkan kita menyesuaikan konten promosi. Bedakan membuat market pemuda dengan pemuda yang peduli dengan kesehatan. Kalau hanya pemuda maka kita harus membuat mereka peduli dengan kesehatan terlebih dahulu. Lalu kan kita pengennya semua orang bisa beli, jadi gimana dong?

Nah, untuk masalah ini kita ini kan berjualan suatu produk ya, sudah pasti belum tentu semua orang mau beli produk kita. Pasti yang butuh/memang suka dengan produk kita. Apabila diluar target market kita ada yang membeli ya silahkan saja tidak perlu ditolak, masa rejeki ditolak ya. 

Ini contohnya ya:

  • Usia 25-45 Perempuan dengan minat skincare alami
  • Usia 40-60 Laki-laki dan perempuan yang punya sakit dan ingin mencoba obat herbal yang alami
  • Usia 25-45 Laki2 dan Perempuan yang peduli dengan makanan sehat, organik, dan gaya hidup sehat
  • Latar Belakang Pekerja & Pengusaha
  • Lulusan Universitas


2. Apaah Kategorinya?

Kesehatan & Kecantikan Alami

3. Ketakutannya apa? 

  • Takut Sakit, Takut dengan Skincare Kimia
  • Harapannya apa?
  • Ingin Sehat dan Cantik dengan cara alami

4. Nilai Tambah produk

  • Kampanye bahwa kelor adalah makanan super bernutrisi tinggi
  • Bukan obat herbal
  • Nutrisi di daun kelor sangat lengkap

5. Tantangan

  • Kelor masih disandingkan dengan mistis, mitos dll
  • Bagi yang sudah pernah dengan bahwa kelor itu bagus, belum yakin
  • Bagi yang sudah yakin, belum pernah coba kelor. (Masuk pakai produk penetrasi, paket promo kelor.id imun 1,2,3
  • Masih banyak orang yang belum tahu jika manfaat dan nutrisi kelor sangat baik untuk kesehatan tubuh secara alami dan bersifat menyembuhkan lebih dari 300 penyakit

Setelah membedah value produk, kamu juga bisa evaluasi 5 Produk Terlaris berdasarkan data penjualan. Seperti misalnya ini nih :

  1. Mie Kelor

  2. Kapsul Daun Kelor

  3. Teh Daun Kelor

  4. Masker Daun Kelor

  5. Moringa Super Drink

Prouk di atas bisa kamu jadikan acuan untuk membuat promosi bundling produk yang kurang laris dan yang laris. Serta upaya promosi lainnya.

Comments