5 Cara Meningkatkan Omset Akhir Bulan!

 

Sumber Gambar : Shopee.co.id

Buat kebanyakan orang, akhir bulan bukanlah waktu yang tepat untuk membelanjakan uang. Entah itu untuk membeli produk yang digunakan sehari-hari, makan di luar, atau pengeluaran lainnya. Menghemat adalah kata yang tepat untuk akhir bulan, tentunya menanti sebelum adanya pemasukan baru di bulan berikutnya. Terkecuali yang gajiannya tengah bulan nih ya, akhir bulan masih ada setengahnya lah ya 😅

Namun, akhir bulan bagi pengusaha adalah waktu yang harus dimanfaatkan untuk bisa mencapai target omset bulanan nih. 

Jadi kita harus bisa ketemu nnih titik tengahnya dimana antara yang sedang berhemat dan yang mau menaikkan penjualan. Yuk simak 5 cara meningkatkan omset akhir bulan sampai selesai ya! 

1. Berikan diskon
Diskon ini ada macem-macem ya gais, ada diskon member, diskon cashback, group diskon, dan lainnya. Besarannya pun beragam bahkan bisa sampai fantastis misal diskon 90%. Adapun yang menggunakan teknik double diskon, seperti diskon 20%+10%. 

Kita bisa terapkan diskon untuk produk-produk yang masih tersisa persediaannya cukup banyak agar tidak menumpuk di gudang. Jangan lupa untuk dibuat perhitungannya ya! Pilih diskon yang paling masuk akal dan masih menguntungkan untuk bisnismu!

2. Menawarkan paket bundling
Banyak orang yang lebih suka saat mau membeli sesuatu bisa mendapatkan tambahan barang lainnya. Misalnya saja saat mau membeli makanan sudah sepaket dengan minumannya dan harganya jauh lebih murah. Contoh lainnya untuk produk ritel misalnya detergen dengan sabun cuci piring. 

Dengan strategi ini, Anda dapat membuat bundling produk terjual bersama dengan produk yang kurang laku terjual. Sehingga barang kurang laku ini tidak akan memenuhi ruang persediaan/gudangmu ya. 

3. Adakan Giveaway 
Mendapatkan hadiah secara cuma-cuma merupakan hal yang menarik bagi pelanggan. Pastikan mereka memenuhi syarat ya, misalnya saja ada minimum pembelian. 

4. Menghias toko dengan dekorasi tematik yang menarik
Hal ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendatangkan pelanggan. Misalnya saja untuk menutup bulan Februari ini dipenuhi dengan dekorasi penuh cinta. Sehingga bisa menambah spot eksis berfoto bagi para pelangganmu. Orang-orang yang sekadar lewat pun akan tertarik dan penasarn ingin masuk. 

5. Menawarkan konsultasi gratis 
Cara ini tepat digunakan untuk produk kecantikan. Serta jangan lupa pula untuk bisa menawarkan produk komplementer dari produk yang sudah dibeli pelangganmu ya. Hal ini dapat meningkatkan penjualan barang komplementermu juga :)

Nah, jadi cara mana yang menurutmu tepat untuk kamu praktekkan? 

Comments