Menyiapkan 6 Amunisi Perang Sebelum Ramadhan

 Sudah sejauh mana persiapan bisnis kamu menghadapi bulan Ramadhan?

Sumber gambar : moneter.co.id

Bulan ramadhan merupakan sebuah bulan yang menjadi momentum khusus yang perlu dipersiapkan strategi perangnya sebelum kita ketinggalan dari yang lain. Ramadhan taun ini perkiraannya akan jatuh pada tanggal 13 April nih, berarti persiapannya tinggal sebulan lagi. 

Seperti yang kita ketahui bahwa pola order konsumen terhadap makanan tentunya akan berubah. Karena mayoritas konsumen akan makan hanya waktu sahur dan berbuka. Kebutuhan konsumen pun akan sahur seperti menginginkan yang praktis serta kebutuhan untuk bisa buka bersama, atau makanan yang tidak lama proses memasaknya sehingga saat adzan sudah bisa disantap. 

Ramadhan kali ini masih sama dengan tahun lalu, yaitu berlangsung dengan kondisi di tengah pandemi. Meskipun untuk tahun ini ada sedikit kelonggaran pembatasan kegiatan, tetapi kita tetap harus punya strategi khusus nih. 

Yuk simak beberapa tips di bawah ini untuk memaksimalkan penjualan mu sehingga omset tetap bisa sesuai target bulananmu tanpa adanya penurunan. 

1. Kuatkan channel penjualan online

Perkuatlah eksistensi restoranmu di berbagai channel penjualan secara online. Bukan cuman eksis di sosmed ya, tapi platform yang bisa digunakan konsumen untuk bisa bertransaksi. Diluar dari yang sudah lazim digunakan, yaitu gofood dan grabfood, serta beberapa sudah mulai menggunakan whatsapp atau aplikasi mandiri milik restoranmu kamu juga bisa manfaatkan platform khusus penjualan makanan dari ShopeeFood serta Tokopedia Nyam. IG Shopping, Line shopping, dan platform toko online lainnya yang bisa kamu coba untuk digunakan. 

2. Adakan Sedekah bersama

Kamu tidak harus bergerak sendirian melainkan kolaborasi dengan brand lain agar konsumen juga bisa melihat ketulusan niat bersedekahnya. Banyak juga komunitas yang membuka gerakan untuk berbagi makanan. tentunya kamu bisa bekerja sama dengan mereka sebagai penyedia makanannya. 

3. Tawarkan menu khusus sahur, berbuka, serta hampers

Karena 3 kebiasaan ini lah yang meliputi selama bulan ramadhan. Kalau sahur dan berbuka tentunya sudah menjadi kebutuhan. Sedangkan tren hampers sudah seperti membudaya menjelang lebaran. Kamu juga bisa menjadikan paket hampers sebagai bagian dari kegiatan berbagi di bulan ramadhan lho!

4. Promo Spesial yang Ditunggu Konsumen

Dilansir Foodizz.id 8 dari 10 konsumen mencari promo khusus selama bulan Ramadhan. Mereka yang mencari promo ini 58% nya melakukan pencariannya melalui sosial media. Berikan promo yang bisa menjangkau berbagai tipe konsumen. Beragam tipe konsumen ini misalnya mereka yang hunting makanan sahur, mereka yang cari tempat buka bareng, mereka yang cari hampers, dan juga mereka yang tidak menjalankan ibadah puasa (meski mayoritas berpuasa, tetapi kan ada juga yang tidak menjalankan yaa, jangan dilupakan loh)

5. Bekerjasamalah dengan Influencer yang Terkait Ramadhan

Seperti dilansir Foodiz.id 35% konsumen menyebutkan bahwa influencer mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Bulan Ramadhan identik dengan menjadi pribadi yang lebih baik. Kamu bisa memilih influencer yang bergerak dibidang self improvement/development tuh. 

Selain hardselling dengan mendatangkan influencer ke restomu, kamu juga bisa mengadakan acara inspiratif seperti kultum atau membahas tutorial yang bermanfaat bagi konsumen. 

6. Terakhiran nih, Sosmedmu tetap aktif yaa

Konsisten terus berkonten. Kalau kamu bingung mencari ide konten, kamu bisa mampir-mampir ke website yang memberikan layanan ide konten tuh. 

Selamat menyiapkan strategi menghadapi bulan ramadhan yaa!

Semoga membantu


insight by : https://www.foodizz.id/post/6-strategi-marketing-penting-untuk-bulan-ramadhan

Comments