Memberikan WOW Effect untuk usaha kita


 


Kamu pernah ga sih mikir kenapa ya kok brandnya si Fulan bisa langsung ludes gitu di awal peluncuran. Nah ini bisa jadi karena dia nerapin WOW Effect nih temen-temen. 

Gimana sih WOW Effect itu?
Jadi WOW Effect itu adalah upaya yang dilakukan untuk bisa mendatangkan awareness yang tinggi. Hal ini dapat dilakukan secara organik ataupun memanfaatkan KOL (Key Opinion Leader) atau buzzer. Kalau ga begitu, sudah pasti gagal target impact yang mau dicapai. 

Apa sih dampaknya wow effect ini?
1. Traffic  yang masif bisa datang ke tempatmu 
2. hemat budget pengeluaran khususnya untuk budget marketing yang pas-pasan 
3. Trial Effect karena akan banyak konsumen yang mencoba dan menjadi ajang kita untuk bisa mengecek apakah kualitas, rasa, dan harga sudah sesuai dengan konsumen

Terus tekniknya gimana dong?
Yuk simak 5 tips di bawah ini yang bisa mendorong WOW Effect kamu!

1. PRODUKNYA SENDIRI

Misalnya nih, MAKAN BAKSO SEPANCI, Bakso Beranak, Mie level 100. Nah hal-hal tersebut kan diluar kebiasaan tuh. Hal ini akan membuat calon konsumen penasaran. Lihat aja Baso Rusuk Joss yang viral karena basonya yang gede banget dan pas dibelah isinya sambel semua. 

Hal lainnya yang bisa kamu manfaatin dari produknya itu sendiri adalah cara mengonsumsinya. Misalnya nih, baso yang ada tulang sum-sumnya dan bisa kamu langsung sedot-sedot. Buatlah video kreatif untuk bisa menggugah selera konsumen. 

2. ENDORSE BY KOL
Sudah sangat jelas kalau teknik yang satu ini, belakangan ini semakin banyak yang memanfaatkannya. Efeknya pun terasa. Coba deh lihat NYAPII dengan EdhoZell, Cakekinian dengan Arief Muhammad, Ngikan dengan Rachel Venya. Walaupun secara fundamentalnya tetap harus dipersiapkan dengan baik ya, agar bisa terus bertahan dan berkembang. 

3. TAKTIK PROMOSI
Cukup bayar pake do'a selama 3 hari awal pembukaan. Ini salah satu WOW Effect yang bisa mendatangkan banyak Traffic pada usahamu. Tapi kamu harus hati-hati ya, manfaatkan ini sebagai PRODUCT TRIAL agar mereka bisa datang mencoba lagi setelah tidak promo. Khawatirnya taktik promo yang kamu lakukan malah membuat konsumenmu mau datang saat ada promo saja, dan langsung sepi sekali saat kamu tidak promo. 

4. PACKAGING YANG CIAMIK
Kalau kamu berpikir, ya harus modal mahal dong!
Ya itulah investasi untuk brandmu, karena sekarang ini kebanyakan orang order makanan juga via takeaway atau ojek online sehingga pasti menggunakan packaging. Jika memang unik dan berkualitas, akan sangat mudah bagi mereka menjadi agen iklan kita secara sukarela dengan mempostingnya di sosial media mereka. 

5. HARGA EKSTRIM
Kamu bisa lihat brand-brand yang melabeli makanannya dengan harga super murah atau bahkan super mahal. Hal tersebut tergantung target market yang mau kamu sasar ya. 
Untuk masalah harga yang super murah kamu bisa memainkannya dengan high traffic dan volume loh sehingga kamu tetep bisa untung besar. 

Nah ada beberapa tips lainnya yang bisa kamu pelajari lebih lanjut, tapi 5 hal ini bisa kamuterapkan terelebih dahulu. Inget ya, langsung coba dipraktekin supaya tau nih gimana efeknya. 

Sumber referensi : Foodizz.id

Comments