4 Tips Digital Marketing

 


Di era yang serba digital sekarang tentunya tren pemasaran secara digital juga terus berkembang. Sebenarnya apa sih digital marketing itu?

Digital marketing adalah proses mempromosikan bisnis secara online. Terdapat beragam strategi berbeda yang menjadi bagian dari proses ini. Semua strategi ini dirancang untuk meningkatkan kesadaran merek dan secara konsisten mengembangkan bisnis. 

Gimana nih strategi digital marketing untuk menarik pelanggan?
Yuk Simak 4 Tips strategi digital marketing untuk menarik pelanggan ya!

1. Blogging
Salah satu contoh strategi pemasaran terbaik yang bekerja untuk hampir semua bisnis adalah blogging. Blogging melibatkan teknik penulisan dan penerbitan konten secara online dengan menggunakan topik-topik yang relevan dengan bisnis Anda. 

Blogging meningkatkan visibilitas secaraonline sambil juga memberikan informasi berkualitas yang membantu pelanggan membuat keputusan pembelian yang lebih cerdas. Taktik pemasaran yang satu ini menjadi sangat penting untuk optimasi mesin pencari (SEO). Semakin banyak konten relevan dan berkualitas yang dimiliki, semakin banyak halaman yang dapat diindeks oleh mesin pencari seperti google. 

2. Sosial Media Marketing
Saat ini penggunaan sosial media terus meningkat baik itu digunakan untuk bersosialisasi dengan teman, update perkembangan, bahkan untuk mendapatkan informasi tawaran pekerjaan. Agar bisa lebih maksimal dalam menggunakan sosial media marketing maka ada beberapa tools andalan yang digunakan beberapa pebisnis pemula.Diantarnya adalah canva, aplikasi untuk mengedit konten sosial media. Serta tools untuk mempermudah penulisan caption yaitu flocked khususnya bagi Anda yang mau memaksimlkan pemasaran melalui sosial media instagram. 

3. Email Marketing

Salah satu cara efektif untuk menjangkau dan melibatkan pelanggan di mana pun mereka berada. Tidak hanya sebagian besar konsumen memiliki alamat email, tetapi banyak juga yang menikmati perkembangan melalui konten email. Hanya saja Anda harus pintar-pintar dalam mengumpulkan daftar email. Jangan asal mengumpulkan, tetapi ternyata mereka bukanlah orang yang tertarik untuk membuka konten email Anda.

4. Pay per click ads
Saat ini berkembang ads yang bukan hanya muncul di google, tetapi juga di media sosial lainnya seperti instagram atau facebook. Banyak juga aplikasi lainnya yang menawarkan kita untuk memasang iklan pada aplikasi mereka. Hal ini dapat dipertimbangkan dengan melihat kebiasaan penggunaan sosial media dari target konsumen Anda. Sehingga dapat disesuaikan lokasi pemasangan iklannya. Hal ini juga perlu diperhatikan target Anda dalam memasang iklan apakah hanya sekadar klik atau untuk membeli karena itu akan menjadi bahan pertimbangan dalam pembuatan konten. 

Selalu ingat saat menerapkan digital marketing untuk memperhitungkan berapa banyak orang yang terjangkau konten Anda (Reach), lalu dari sana berapa % yang melakukan share, like, atau comment dengan konten Anda, hingga akhirnya mulai memasuki toko online Anda, dan dari sana dapat Anda convert kepada tahap follow up order. 




Comments